Bisnis Kuliner memang sudah banyak digeluti saat ini. Salah satunya Dino Donuts. Kalau biasanya donut berbentuk bulat, Dino Donuts mengkreasikan dengan berbagai bentuk dan tulisan sehingga lebih menarik. Ghufron Syarif, pemilik bisnis ini membagikan beberapa kisahnya pada kami.
Beliau bilang kalau ingin jadi pengusaha gak boleh takut. Banyak orang Indonesia yang tidak berani menerima kegagalan. Ingin buka usaha tapi tidak jadi karena takut. Ya kalau seperti itu tidak akan tahu. Jangan pernah takut rugi, karena rugi itu latihan membangun mental.
Siapa bilang usaha besar harus dengan modal besar? Pak Ghufron berkali-kali mengalami kegagalan. Saat itu beliau ingin membuat perusahaan plastik. Mengambil gelas plastik dari pemulung lalu diubah menjadi ember, isi kasur dan lain-lain. Semua peralatan sudah dibeli, dengan harga yang mahal. Alat sudah ada, tapi masalahnya adalah, susah menstok gelas plastik. Para pemulung sudah bekerjasama dengan perusahaan yang lebih besar. Sehingga usaha tersebut ditutup.
Hanya dengan modal 4 juta, pak Ghufron memulai usaha donut. Semula berjualan di dekat tk, kemudian berlanjut di online. Tanpa harus memiliki tempat sewa mahal, kita bisa menjual produk kita. Kuatkan bisnis di brand, bukan pada harganya. Dalam berjualan bukan masalah produk mana yang lebih bagus tetapi produk mana yang lebih terkenal. Gengsi terbentuk oleh brand, dan brand dibungkus oleh pemasaran yang baik. Wajar jika seseorang ingin meningkatkan brand personal dengan cara memakai produk brand.
Ketika awal ingin membuka usaha, cari masalahnya karena dari situ kita bisa dapat kesempatan juga solusi. Maka kita harus peka terhadap sekitar, analisis lalu tawarkan solusi.
Dalam kegiatan marketing ada dua pembagian:
1. Penawaran; kegiatan marketing dimana terdapat kesan jika konsumen tidak mengambil barang itu rugi. contohnya diskon dan gratisan.
2. Pengulangan; kegiatan marketing dimana pengusaha ingin menanam diotak konsumen bahwa ciri suatu produk adalah brand pengusaha tersebut. contohnya telah tertanam di otak kita kalau mie instatnt itu ya indomie. Air mineral itu Aqua. Kegiatan ini membutuhkan dana yang besar. bisa sekitar 200 juat per tahun.
Marketing komunikasi terbagi menjadi 3:
1. Brand Activation: Suatu kegiatan marketing komunikasi dimana pengusaha membuat free payment kepada konsumen. Disini bisa diberi syarat seperti, boleh dapat gratis tapi diminta memposting foto dengan produk kita.
2. Spesial Promotion: Kegiatan marketing dimana promosi tidak harus gratis. contohnya dengan memberi penawaran diskon 3 hari
3. Public Relation: Kegiatan marketing yang bekerjasama dengan radio, koran untuk meliput sebuah produk
4. Advertising: Suatu kegiatan promosi yang dilakukan dengan pihak ketiga. Contohnya endorse.
Beliau bilang kalau ingin jadi pengusaha gak boleh takut. Banyak orang Indonesia yang tidak berani menerima kegagalan. Ingin buka usaha tapi tidak jadi karena takut. Ya kalau seperti itu tidak akan tahu. Jangan pernah takut rugi, karena rugi itu latihan membangun mental.
Siapa bilang usaha besar harus dengan modal besar? Pak Ghufron berkali-kali mengalami kegagalan. Saat itu beliau ingin membuat perusahaan plastik. Mengambil gelas plastik dari pemulung lalu diubah menjadi ember, isi kasur dan lain-lain. Semua peralatan sudah dibeli, dengan harga yang mahal. Alat sudah ada, tapi masalahnya adalah, susah menstok gelas plastik. Para pemulung sudah bekerjasama dengan perusahaan yang lebih besar. Sehingga usaha tersebut ditutup.
Hanya dengan modal 4 juta, pak Ghufron memulai usaha donut. Semula berjualan di dekat tk, kemudian berlanjut di online. Tanpa harus memiliki tempat sewa mahal, kita bisa menjual produk kita. Kuatkan bisnis di brand, bukan pada harganya. Dalam berjualan bukan masalah produk mana yang lebih bagus tetapi produk mana yang lebih terkenal. Gengsi terbentuk oleh brand, dan brand dibungkus oleh pemasaran yang baik. Wajar jika seseorang ingin meningkatkan brand personal dengan cara memakai produk brand.
Ketika awal ingin membuka usaha, cari masalahnya karena dari situ kita bisa dapat kesempatan juga solusi. Maka kita harus peka terhadap sekitar, analisis lalu tawarkan solusi.
Dalam kegiatan marketing ada dua pembagian:
1. Penawaran; kegiatan marketing dimana terdapat kesan jika konsumen tidak mengambil barang itu rugi. contohnya diskon dan gratisan.
2. Pengulangan; kegiatan marketing dimana pengusaha ingin menanam diotak konsumen bahwa ciri suatu produk adalah brand pengusaha tersebut. contohnya telah tertanam di otak kita kalau mie instatnt itu ya indomie. Air mineral itu Aqua. Kegiatan ini membutuhkan dana yang besar. bisa sekitar 200 juat per tahun.
Marketing komunikasi terbagi menjadi 3:
1. Brand Activation: Suatu kegiatan marketing komunikasi dimana pengusaha membuat free payment kepada konsumen. Disini bisa diberi syarat seperti, boleh dapat gratis tapi diminta memposting foto dengan produk kita.
2. Spesial Promotion: Kegiatan marketing dimana promosi tidak harus gratis. contohnya dengan memberi penawaran diskon 3 hari
3. Public Relation: Kegiatan marketing yang bekerjasama dengan radio, koran untuk meliput sebuah produk
4. Advertising: Suatu kegiatan promosi yang dilakukan dengan pihak ketiga. Contohnya endorse.
Komentar
Posting Komentar